Jumat, 06 Maret 2015

PELUANG BISNIS CANGKANG TELUR

KARYA ILMIAH
PELUANG BISNIS TENTANG
“CANGKANG TELUR”



Yang Di Susun Oleh :
Nama    : Pungki Ana Dewi
NIM      : 14.11.7751
Kelas    : 14-S1TI-03

STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2014/2015


Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini yang membahas tentang “Peluang Bisnis Cangkang Telur”, yang mana di dalam karya ilmiah ini nanti akan di jelaskan bagaimana ciri – ciri peluang bisnis yang baik, dan apa saja peluang bisnis yang akan di hasilkan dari cangkang telur itu. 
Adapun karya ilmiah tentang “Peluang Bisnis Cangkang Telur” ini telah saya usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya tidak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada Rektor AMIKOM, Prof.Dr.M Suyanto, M.M yang telah memberikan tugas ini sehingga saya bisa memehami apa arti sesungguhnya peluang bisnis itu, dan tidak lupa semua pihak yang telah membantu saya dalam pembuatan karya ilmiah ini.
Namun tidak lepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka saya membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberi saran dan kritik kepada saya sehingga saya dapat memperbaiki makkarya ilmiah ini.
Akhirnya penulis mengharapkan semoga dari karya ilmiah tentang “Peluang Bisnis Cangkang Telur” ini dapat memberikan manfaat sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca.








Yogyakarta, 02 Maret 2015




        Pungki Ana Dewi

BAB I PENDAHULUAN
Abstrak
            Peluang dalam bahasa inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah sebuah kejadian atau moment. Jadi, peluang berasal dari kesempatan yang muncul dan menjadi ilham (ide) bagi seseorang yang memperoleh inspirasi, berarti dia membuka sebuah peluang untuk suatu hal yang baru. Jika seseorang menumbuhkan jiwa berinovasinya, maka peluang bisnis itu tidak akan jauh darinya. Inspirasi juga merupakan faktor terpenting dalam menemukan sebuah peluang usaha. Manusia di dunia ini terkadang tidak sadar bahwa sebenarnya orang – orang yang hidupnya tidak berkecukupan itu memiliki banyak inspirasi bagi kita yang berkehendak untuk memahaminya. Inspirasi itu tidak hanya di dapatkan dari orang – orang yang hidupnya berkecukupan, bahkan malah sebaliknya beberapa orang yang hidupnya berkecukupan tidak memiliki banyak inspirasi. Inspirasi dan inovasi adalah jalan untuk menemukan sebuah peluang bisnis yang menggiurkan.
Peluang bisnis adalah adalah sebuah kesempatan yang sudah pasti yang bisa di dapatkan oleh seseorang dengan cara mengandalkan suatu potensi dan keahlian yang telah dimiliki oleh orang tersebut dengan cara memanfaatkan waktu dan kondisi yang ada. Setelah kita sudah menemukan peluang bisnis dari memeroleh inspirasi dan berinovasi, kita juga harus mempertimbangkan peluang yang telah kita temukan dengan potensi dan keahlian kita. Peluang bisnis yang di dirikan tanpa adanya potensi dan keahlian, maka mustahil jika peluang bisnis itu akan berkembang. Misalnya, seseorang membuka usaha perbaikan printer tetapi sebelumnya orang tersebut tidak mengetahui basic – basicnya tentang printer, dan tidak memiliki keahlian dalam bisnis itu maka bisnis itu tidak akan berkembang. Keahlian dan potensi sangat berpengaruh dalam dunia bisnis. Setiap orang harus mengetahui keahlian apa yang di miliki oleh dirinya, supaya tidak akan menghambat bisnis yang telah di dirikannya.
Peluang yang berasal dari sebuah ide usaha yang diperoleh dari sebuah inspirasi, harus merupakan peluang yang potensial, sehingga dapat dikategorikan sebagai peluang bisnis yang baik.Disini di jelaskan ciri – ciri bisnis yang potensial itu adalah :
1.      Usaha itu memiliki nilai jual yang tinggi,
2.      Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, tetapi sifatnya nyata,
3.      Usaha itu mempunyai waktu bertahan yang lama di pasar,
4.      Tidak akan menghabiskan modal (uang), karena terlalu kasar investasinya,
5.      Tidak bersifat momentum atau bersifat musiman (seasonal),
6.      Bisa ditingkatkan skalanya menjadi skala industri.
Ciri-ciri peluang bisnis yang baik adalah sebagai berikut :
1.       Peluang itu orisinil dan tidak meniru. Usaha yang sukses itu tidak meniru usaha orang lain. Usaha yang meniru orang lain hasilnya belum tentu sama.
2.       Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa mendatang. Dalam arti, peluang itu bisa terus ditingkatkan nilai jualnya serta bisa terus diinovasi.
3.      Benar-benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama.
4.      Tingkat visibilitas (kelayakan usaha) benar-benar teruji untuk itu dilakukan riset dan trial (uji coba) dalam pasar.
5.      Bersifat ide yang kreatif dan inovatif bukan tiruan dari ide orang lain.
6.      Ada keyakinan bisa mewujudkan dan sukses untuk menjalankannya.
7.      Ada rasa senang menjalankannya dan benar-benar suka dengan bisnis tersebut.
8.      Ada potensi dan keahlian dalam menjalankan bisnis tersebut.
Menurut seorang tokoh bisnis dunia, D.J Schwarts, agar peluang bisnis kita bisa maksimalkan untuk hasil yang optimal maka kita perlu melakukan beberapa hal di bawah ini di antaranya : 

1.Percaya dan yakin 
            Bagi anda yang pernah membaca buku - buku motivasi seperti law of atraction, mungkin anda akan paham betapa dahsyatnya kekuatan keyakinan. Ketika kita yakin, ada tarikan dalam diri kita untuk mendapatkan kekuatan alam sehingga kita terdorong untuk melakukan hal - hal agar sukses. Alam pun kemudian menarik kekuatannya dan menggerakan alam agar apa yang kita yakini benar - benar terjadi. 
Soekarno pernah berkata " Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu - membahu mewujudkannya"

2.Jangan hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausahawan. 
        Maksudnya pilihlah sahabat yang tepat. Jika kita terbiasa bergaul dengan mereka yang memiliki pemikiran sempit maka kita akan menjadi orang yang memiliki pemikiran yang tidak jauh dari mereka. Kita terbiasa dengan mereka yang memiliki sikap pesimis, maka kita pun kemungkinan besar akan menjadi seorang yang skeptis terhadap kemampuan kita sendiri. Untuk itu, bergaullah dengan mereka yang telah sukses, kemudian carilah orang orang yang selalu optimis agar ketika kita merasa kecil hati, kita bisa tahu bagaimana mereka bisa membesarkan hati mereka ketika keadaan sedang tidak menentu.
Usaha Baru Peluang usaha bisa muncul dari mana-mana. Baik muncul dari diri sendiri melalui intuisi maupun melalui hasi pencarian ide yang dilakukan secara sengaja, maupun muncul sebagai respon terhadap faktor di luar diri (tawaran, lokasi straegis, permintaan pasar, bahan baku melimpah, dsb). Beberapa hal yang perlu diingat oleh seorang wirausaha dalam melihat peluang adalah (Supriyadi & Widodo, 2002): 
1.      Pengalaman dan objektifitas 
Terutama dari sudut pandang pemasaran dan sudut pandang bisnis. Pengalaman akan membantu seorang wirausaha dalam menilai sebuah peluang usaha. Misalnya pengalaman seseorang berdagang pakaian batik akan membantunya menilai peluang membuka konfeksi pakaian batik. Pengalaman bisa berasal dari apa yang pernah dilakukannya, bisa juga melalui konsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman. Selain itu objektivitas dalam menilai sebuah peluang juga diperlukan sehingga usaha yang dijalani sudah diawali dengan perhitungan yang matang. 
2.      Kedekatan pasar 
Salah satu kesalahan dalam wirausaha yaitu ada kecenderungan hanya faktor kemampuan berproduksi saja yang diutamakan, sedangkan kemampuan untuk memenuhi keinginan konsumen kurang diperhatikan. Mestinya memproduksi untuk bisa dijual, bukan sekedar memproduksi apa yang dapat dibuat.

3.Pemahaman teknis 
Kurangnya pemahaman teknis terutama bagi produk baru akan menghambat atau mengakibatkan tertundanya pendirian usaha baru. Sebaiknya saat melihat peluang usaha, seorang wirausaha segera mencari tahu sedetail mungkin persiapan teknis yang dibutuhkan menjalankan usaha tersebut, sehingga saat usaha dimulai tidak banyak waktu dan biaya terbuang karena faktor teknis.

4.Kebutuhan finansial 
Perlu dihitung biaya yang dibutuhkan untuk produk baru, termasuk biaya coba-coba. Pengadaan alat, pelatihan SDM, dan lain-lain. Besarnya kebutuhan ini akan membantu menentukan harga serta kapan dan bagaimana break event point (BEP) dapat dicapai. 5.Diferensiasi produk Terutama untuk membedakan produk maupun jasa yang akan ditawarkan, dengan produk pesaing. Peluang akan semakin besar jika seorang wirausaha mampu menawarkan produk yang memiliki nilai lebih atau berbeda dari yang sudah ada.

            Karya ilmiah ini menjelaskan tentang peluang bisnis tentang “Cangkang Telur”. Negara mana yang tidak mengetahui tentang “Telur”, hampir semua Negara tahu, dan hampir setiap hari memakannya selain karena praktis dalam memasaknya juga di karenakan banyak gizi yang tekdandung di dalam telur. Telur ini memiliki banyak kegunaan mulai dari isinya sampai dengan cangkangnya. Telur dapat digunakan untuk membuat kue, kacang telur, risoles, telur kecap, telur mata sapi, omlete, kerak telur dan masih banyak lagi. Selain itu cangkang telur juga bisa di manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan yang kreatif, dan indah. Maka kita dapat mengamati dari sinilah dapat muncul peluang bisnis tentang “Cangkang Telur”, tapi kita juga bisa membuka peluang bisnis tentang “Kue” karena bisnis itu sangat erat hubungannya dengan isi telur, ataupun bisa mendirikan usaha yang lainnya. Peluang bisnis itu muncul dari hal – hal yang sepele tanpa kita sadari, maka kita harus pandai – pandai dalam mengamati sesuatu yang sepele untuk inspirasi kita. Peluang bisnis ini hanya membutuhkan modal yang sedikit, tapi pada akhirnya akan memperoleh keuntungan yang sangat besar jika kita kreatif dalam memproduksinya. Telur itu memiliki banyak manfaat mulai dari isi telurnya sampai dengan cangkang telurnya. Dengan cangkang telur ini akan mengasah otak kita untuk selalu berkreasi dan berinovasi demi untuk menghasilkan sebuah keuntungan, barang – barang yang di anggap sebagai sampah inilah yang memiliki banyak karya di dalamnya. Mari kita kembangkan bisnis ini jangan sampai kita terkalahkan dengan orang – orang luar negeri, mereka bisa menciptakan alat – alat elektronik yang canggih tapi kita juga bisa membuat kerajinan tangan yang antik dan bernilai tinggi. Semoga karya ilmiah ini dapat memberikan motifasi untuk temen – teman semua. Jangan hanya memandang cangkang telur dengan sebelah mata, karena sesungguhnya di dalam cangkang telur akan menghasilkan pundi – pundi jutaan rupiah yang sangat menguntungkan bagi bisnis kita, jangan hanya karena cangkang telur di anggap sebagai sampah terus kita malu untuk membuka peluang bisnis tentang “Cangkang Telur”. Sifat Malu tidak akan menghasilkan uang, jika kita tidak melawan sifat malu tersebut.




















BAB II ISI
Isi
Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain dagingikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayambebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun sedang, misalnya telur penyu. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan, mengingatayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang, sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur.
Cara Memilih Telur Yang Baik, yaitu :
v  Kondisi cangkang telur tidak retak
v  Ukuran telur tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
v  Warna telur tidak pucat atau terlalu gelap
v  Bersih dari berbagai kotoran atau pun noda
v  Tektur kulit telur halus mulus dan tidak kasar
v  Tenggelam di dalam air jika dimasukkan ke dalam air tidak terapung
v  Apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada di tengah telur
v  Baunya normal tidak berbau busuk
v  Bentuk lonjong telur normal tidak bulat dan tidan ceper sekali
v  Pilih yang dikemas dengan baik dan mengandung omega 3 
Telur memang enak dimakan dan bergizi tinggi. Ada yang senang dibuat telur dadar, telur mata sapi, telur kecap, omlete, kerak telor dan banyak lagi yang lain. Isinya kita makan dan cangkangnya kita buang ditempat sampah. Dan selalu, kulitnya berakhir di tong sampah menjadi barang tak bernilai.  Bila disikapi dengan penuh imajinasi semuanya bisa disulap jadi lebih bermanfaat, bila kreativitas dan ketekunan diberi tempat, cangkang telur pun bisa menjadi sebuah karya yang indah dan mahal, selain itu cangkang telur juga memiliki banyak khasiat dan manfaaat, di antaranya yaitu :
a)      Wadah untuk menanam
Kita dapat menanam bibit kecil dibagian cangkang telur, dan nantinya bibit tersebut akan tumbuh sebagai tanaman, namun pastikan kita membuat lubang drainase kecil untuk memberi ruang agar bibit dapat tumbuh.
b)      Membersihkan peralatan dapur
Selain menggunakan air dan sabun, yang dimana seperi biasa kita lakukan untuk membersihkan peralatan kita, ternyata ada cara lain untuk membersihkannya, yaitu dengan mencampurkan kulit telur yang dilumatkan dengan cuka. Dalam hal ini, merupakan sebagai pengganti sponge atau scrub untuk membersihkan peralatan dapur.
c)      Perawatan Kulit
Khasiat lain dari kulit telur adalah kemapuhannya melawan penuaan dini dan membuat kulit bersinar. Caranya, haluskan cangkang telur dan campur dengan putih telur. Oleskan campuran tersebut ada wajah dan biarkan sampai kering. Setelah 5 sampai 10 (sampai kering), bilaslah dengan air dingin untuk menapatkan wajah yang bercahaya dan kulit wajah yang lentur.
d)      Pestisida organik
Dalam memasak, tentunya kita ingin menghasilkan makanan yang higenis dan aman untuk kesehatan. Dan tak banyak pula orang yang berulang-ulang kali mencuci sayuran dan buah-buahan dengan menggunakan air. Nah, ternyata kulit telur punya khasiat nih untuk membersihkan sayur dan buahan-buahan, selain itu sayur dan buah-buahan tersebut tidak akan rusak, karena kulit telur mampu mengusir hama, seperti siput, lalat atau ulat.
e)      Menyerap gas rumah kaca karbon dioksida dari atmosfer
Limbah cangkang atau kulit telur tampaknya belum banyak dimanfaatkan orang. Tapi penelitian terbaru menemukan bahwa kulit telur dapat membantu mengatasi perubahan iklim. Peneliti dari University of Calcutta, India, telah menunjukkan bahwa membran yang melapisi cangkang telur dapat menyerap gas rumah kaca karbon dioksida dari atmosfer, bahkan hampir tujuh kali lipat dari berat telur itu sendiri. "Karbon dioksida yang terangkap sementara dapat disimpan dalam bentuk ini, sampai metode energi yang efektif untuk menggunakan gas ini dapat ditemukan. 
f)        Pupuk
Tenyata kulit telur kaya akan kalsium. Jadi, kulit telur tersebut dapat hancur dengan sendirinya dan menyebar di tanah sehingga menjadi pupuk yang mengandum kalsium tinggi, yang dibutuhkan oleh tanaman.
g)      Makanan Hewan
Kulit telur yang kaya akan kalsium, zat besi dan mineral, dapat kita berikan kepada hewan peliharaan kita. Mudah saja caranya, tinggal tambahkan kulit telur yang sudah dihancurkan dengan halus, lalu dicampurkan kedalam makanan hewan peliharaan kita. Justru dengan mencampurkan kulit telur dalam makanan hewan, dapat memberikan tambahan nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan.
*     Kandungan Cangkang Telur 
Telur memiliki banyak manfaat mulai dari isi telurnya smpai dengan cangkang telurnya. Di atas telah di jelskan tentang kasiat dan manfaat dari cangkang telur, selain itu cangkang telur juga memiliki kandungan. Berikut ini penjelasan tentang kandungan yang terdapat di dalam cangkang telur, yaitu:
Kulit telur ayam tersusun atas senyawa protein sederhana yang berupa albumin dan memiliki struktur yang kuat. Di dalam kulit telur ayam terkandung logam mineral anorganik yang berupa Ca. Kulit telur kering mengandung sekitar 95%  kalsium karbonat dengan berat 5,5 gram. Kulit telur terdiri atas 97% kalsium karbonat. Selain itu, rerata dari kulit telur mengandung 3% fosfor dan 3% terdiri atas magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga.  
Satu cangkang telur berukuran sedang dapat dijadikan sekitar satu sendok teh bubuk, yang menghasilkan sekitar 750-800 mg elemen kalsium ditambah unsur lainnya, yaitu magnesium, boron, tembaga, besi, mangan, molibdenum, belerang, silikon, zinc, dll. Totalnya ada 27 unsur. Komposisi cangkang telur sangat mirip dengan tulang dan gigi.
Beberapa orang membutuhkan lebih banyak magnesium daripada kalsium,tergantung pada berapa banyak kalsium yang mereka peroleh dari makanan. Jangan mengambil lebih dari 500 mg kalsium pada satu waktu karena tubuh tidak mampu menyerap lebih dari itu pada waktu yang sama.
Catatan: Satu cangkang (ukuran tidak disebutkan) menghasilkan sekitar 750-800 mg elemen kalsium. Oleh karena itu 3 butir telur akan berisi 2.250 - 2.400 mg.

Kesimpulan :
Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa cangkang telur dapat digunakan sebagai sumber kalsium alami yang mudah dicerna, diserap serta bermanfaat untuk tubuh. Kulit telur ayam tersusun atas senyawa protein sederhana yang berupa albumin dan memiliki struktur yang kuat. Di dalam kulit telur ayam terkandung logam mineral anorganik yang berupa Ca. Kulit telur kering mengandung sekitar 95%  kalsium karbonat dengan berat 5,5 gram. Selain itu, rerata dari kulit telur mengandung 3% fosfor dan 3% terdiri atas magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga.  Satu cangkangtelur berukuran sedang dapat dijadikan sekitar satu sendok teh bubuk, yang menghasilkan sekitar 750-800 mg elemen kalsium ditambah unsur lainnya, yaitu magnesium, boron, tembaga, besi, mangan, molibdenum, belerang, silikon, zinc, dll. Cangkang Telur mempunyai banyak pori yang penting untuk pertukaran udara. Di dalam cangkang terdapat selaput tipis, di salah satu ujung telur, selaput tidak menempel pada cangkang sehingga membentuk rongga udara.
 Jadi cangkang telur yang mengandung berbagai komponen-komponen penting yaitu sebagai sumber kalsium alami yang cocok sebagai pakan ternak unggas untuk memenuhi kebutuhan mineralnya.

*     Peluang Bisnis “Cangkang Telur”
Telur merupakan bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat karena kandungan nutrisinya yang tinggi dengan kandungan asam-asam amino esensial yang lengkap dan seimbang juga harga yang terjangkau (Davis dan Reeves 2002). Selain dikonsumsi sebagai bahan pangan, telur juga dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti penggunaan telur dalam bidang biologi (sebagai kultur media dan inseminasi buatan); bidang industri (industri kosmetik, industri roti dan penyamakan kulit); bidang peternakan (sebagai pakan); dan lain-lain. Konsumsi yang tinggi terhadap telur akan meningkatkan hasil ikutan khususnya kerabang telur, dan apabila kerabang telur ini tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin, maka akan menyebabkan penumpukan limbah dari telur.
Cangkang telur bagi sebagian besar orang dianggap sebagai limbah atau sampah yang tidak bernilai. Namun, bagi mereka yang jeli dalam melihat sebuah peluang, cangkang telur ternyata bisa dijadikan bahan baku kerajinan yang bernilai jual tinggi. Tidak butuh modal yang besar, karena cangkang telur bisa didapatkan dengan mudah dan murah di lingkungan sekitar kita. Hanya diperlukan ketelatenan serta kesabaran ekstra untuk bisa mengolah limbah cangkang telur yang berkarakter mudah rusak (pecah) menjadi sebuah produk kerajinan yang unik dan bernilai. Berikut ini beberapa peluang bisnis yang terkandung dalam cangkang telur, antara lain adalah :

A.     Kaligrafi Dari Kulit Telur

CARA PEMBUATAN KALIGRAFI DARI KULIT TELUR, Adalah :
Bahan: 
1.      Limbah Kulit Telur 
2.      Lem Kayu 
3.      Kavas atau Triplek 
4.      Semen Putih 
5.      Pilox Clear 
Alat:
1.      Cutter atau Kafe
2.      Kuas untuk lem
3.      Pensil
4.      Rakel Bekas Sendal
5.      Cat apa saja
Proses Pembuatannya, adalah :
1.      Ambil limbah kulit telur, baik dari dapur sendiri atau dari pedagang martabak, 
pedagang nasi goreng.
2.      Rendam dan bersih kan kulit ari telur tersebut sampai terkelupas, kulit ari ada didalam yang warna nya putih.
3.      Kering kan beberapa menit boleh dari satu jam,sebaik nya jangan di tempat panas.
4.      Buat sketsa Kaligrafi dengan pesil atau kapur pada media kanvas atau triplek.
5.      Tempel kan kulit telur yang sudah kering tadi dengan lem putih, lem kayu.
6.      Tekan sampai menempel pada permukaan media tersebut.
7.      Jika melebihi dari sketsa bisa di potong mengguakan kafe atau cutter.
8.      Kering kan karya yang sudah di templel kulit telur tadi.kira-kira 3 jam-an.
9.      Nat yang masih kosong diantara kulit telur bisa di kasih semen putih.Menggunakan
rakel dari sandal bekas.
10.  Semprot dengan pernis atau pilox clear agar semen putih lebih mengikat degan kuat.
11.  Amplas agar mudah untuk di warnai.
12.  Warnai sesuai selera anda.
13.  Pernis kembali agar tahan lama.
14.  Jangan lupa di frame/bingkai.
            Kulit telur bisa menempel di media apa saja,termasuk permukaa yang licin karena kulit telur terbetuk dari butiran kapur.
B.     Cangkang Telur bisa di buat menjadi “Lilin”
Lilin adalah sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Berikut ini proses pembuatan Lilin dari Cangkang Telur, yaitu :
Bahan dan Alat:
- Korek api
- Cat semprot
- Mangkuk kecil
- Telur
- Lilin
- Sumbu
- Koran
Cara Pembuatannya, adalah:
1.       Pecahkan bagian atas telur
2.      Keluarkan isi telur sampai habis
3.      Bersihkan cangkang telur
4.      Lelehkan lilin ke dalam cangkang telur
5.      Masukan sumbu
6.      Tunggu hingga lilin mengeras
7.      Semprot cat pada telur
8.      Tunggu cat hingga kering
9.      Nyalahkan api dengan korek api dan selesai
C.     Membuat Hiasan Gantungan dari Cangkang Telur

Tips kreatif kali ini adalah membuat hiasan gantung dari cangkang telur. Ada banyak cara untuk membuat hiasan yang indah dan unik serta tidak membutuhkan biaya yang mahal. Hiasan itu dapat kita taruh di kamar, ruang tamu, kelas atau yang lainya. Cara Membuat hiasan gantung dari cangkang telur sangatlah mudah dan sederhana sekali, namun sedikit di butuhkan keterampilan membuat hiasan gambar.
Mari siapkan alat dan bahan-bahanya:
  • 1 butir telur
  • Jarum
  • Mangkuk
  • Spidol warna atau cat air
  • Kertas warna-warni dan lem
  • Tusuk gigi
  • Benang
Langkah pembuatan
  1. Buatlah lubang pada bagian atas dan bawah telur menggunakan jarum.
  2. Keluarkan isi telur kedalam mangkuk dengan cara meniup lubang telur bagian atas agar isi telur dapat mengalir kedalam mangkuk yang berada di bawahnya.
  3. Cuci cangkang telur dengan air, lalu keringkan.
  4. Buatlah gambar pada telur dengan spidol warna, cat air, atau dengan ditempeli sobekan kertas warna-warni.
  5. Potong dan ikatlah sebuah tusuk gigi sepanjang 1 cm dengan seutas benang yang sudah diikat membentuk gantungan. Masukkan tusuk gigi tersebut melewati lubang bagian atas, lalu letakkan tusuk gigi secara mendatar di bagian dalam telur. Telur sekarang sudah dapat di gantung dengan benang. Mudah bukan.

D.    Membuat Boneka Imut Dari Kulit Telur

Cara Membuat Boneka Imut dari Kulit Telur, yaitu :
Alat dan bahan:
  1. Cangkang telur
  2. Spidol warna permanen
  3. Gabus (styrofoam)
  4. Bibit rumput
  5. Tanah

Cara membuat boneka kulit telur:
  1. Siapkan cangkang telur yang rusak sebagian saja
  2. Cuci cangkang telur sampai bersih dengan sabun, lalu keringkan
  3. Jika sudah kering maka gambar cangkang telur dengan spidol warna permanen membentuk wajah yang kalian inginkan
  4. Bentuk styrofoam (gabus) menjadi dudukan cangkang telur dan beri warna agar menarik
  5. Isi cangkang telur dengan tanah yang sudah diberi pupuk dan bibit rumput secukupnya
  6. Tunggu beberapa hari hingga rumput tumbuh dengan baik dan jangan lupa sirami dengan air sedikit saja.
  7. Boneka horta cangkang telur siap untuk dipajang ataupun dimainkan
Boneka "horta" dari cangkang telur ini bisa kita jadikan pajangan ataupun mainan, boneka ini selain murah tentu saja ramah lingkungan. Kulit telur saja bisa jadi kreasi unik dan lucu. 
E.     Membuat Aksesoris atau furniture dari Cangkang Telur
Kerajinan cangkang telur nan unik dan cantik mempunyai berbagai macam motif yang indah. Kulit atau cangkang telur dapat dijadikan sebagai bahan untuk aksesories atau furnitur yang nantinya dapat digunakan sebagai penghias rumah. Kulit telur yang semula hanya sampah, dapat dijadikan kerajinan yang bernilai jutaan dan mampu menyaingi  kerajinan dari bahan material yang lain. Cangkang telur yang biasa digunakan adalah cangkang telur ayam, bebek, dan burung puyuh. Cara membuat aksesories atau furnitur dari cangkang telur, adalah :
1.      Sediakan guci atau pot yang berukuran sedang yang belum di cat.
2.      Rendam guci atau pot kedalam air selama 15 menit.
3.      Kemudian angkat guci atau pot dari rendaman lalu keringkan.
4.      Bersihkan kulit telur kemudian potong kecil-kecil sesuai dengan yang diinginkan.
5.      Desain guci atau pot dengan gambar yang diinginkan, gambar dengan menggunakan pensil.
6.      Lem pada bagian yang telah di desain gambar, kemudian langsung tempelkan potongan kulit telur yang telah disiapkan.
7.      Setelah semua bagian yang digambar ditempeli kulit telur, kemudian keringkan.
8.      Setelah kering, kemudian haluskan kulit telur dengan amplas yang lembut.
9.      Setelah penghalusannya rata kemudian lap dengan kain yang sudah dibasahi dengan air.
10.  Guci atau pot siap untuk menjadi hiasan rumah sendiri atau dipasarkan.
Lama waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan kerajianan yang unik ini tergantung pada media dan  tingkat kesulitan dalam mengerjakannya. Kerajinan cangkang telur nan unik dan cantik ini bisa bervariasi kegunaanya, bisa untuk menghias guci, pot tanaman, bingkai foto, jam dinding dll. Barang-barang tersebut cocok digunakan intuk dirumah dengan gaya yang etnik karena tema dari kerajinan ini merupakan budaya Nusantara. Cukup sederhana bukan?
F.      Membuat Pakan Ternak Dari Cangkang Telur
Selama ini potensi limbah kerabang (cangkang) telur di Indonesia cukup besar. Sayangnya, potensi tersebut hingga saat ini belum dimanfaatkan secara optimal khususnya sebagai pakan unggas dan hanya dimanfaatkan untuk hiasan kerajinan. Hal ini disebabkan karena sejauh ini limbah tersebut mudah terkontaminasi mikrobia dan kecernaan mineral kalsiumnya yang masih rendah. Disamping itu, keberadaanya dapat menyebabkan pencemaran lingkungan karena sulit didegradasi oleh mikrobia tanah.
Terkait dengan limbah kerabang telur tersebut  Prof. Dr. Ir. Tri Yuwanta, SU, DEA, yang juga Dekan Fakultas Peternakan UGM, telah berhasil mengembangkan metode prosesing limbah kerabang telur menjadi pakan sumber mineral ayam petelur.
Metodenya yang dipergunakan dalam prosesing limbah kerabang telur tersebut, diawali dengan perendaman kerabang telur dengan air panas 80º celcius selama 15-30 menit, dibersihkan, lalu dikeringkan. Kemudian direndam lagi menggunakan asam fosfat dengan beberapa konsentrasi, setelah itu dibuat tepung. Setelah jadi tepung, kemudian dicampur dengan bahan baku pakan lain seperti jagung giling, bekatul, bungkil kedelai dan lain-lain. “Metode prosesing limbah kerabang telur menjadi pakan sumber mineral ayam petelur ini sudah mulai dikembangkan,” papar Ahmad Rois Mansur, mahasiswa Fakultas Peternakan, Program Studi Ilmu dan Industri Peternakan 2007, yang juga terlibat dalam penelitian tersebut, Rabu (3/10/2010).
Pemanfaatan limbah kerabang telur ini imbuh Mansur merupakan salah satu upaya untuk memperkaya nutrien mineral pakan untuk ayam petelur. Kerabang telur menyusun sekitar 10 persen dari total berat telur. Kerabang telur sebagian besar (98,4 persen) terdiri dari bahan kering dan hanya 1,6 persen air. Kerabang telur mengandung 95,1 persen mineral dan 3,3 persen protein. “Di antara mineral tersebut yang paling banyak adalah kalsium karbonat (98,43 persen), magnesium karbonat (0,84 persen) dan kalsium fosfat sebanyak 0,75 persen,” katanya. Sebagai gambaran, produksi telur ayam ras nasional pada 2009 sebesar 1.071.398 ton. Jika rata-rata berat telurnya 60 gram maka kerabang telur yang dihasilkan dalam setahun adalah 178.566,33 ton. Berat itu setara dengan 175.762,84 ton kalsium karbonat, 1.499,96 ton magnesium karbonat dan 1.339,25 ton kalsium fosfat.
Dia menegaskan, biaya produksi tepung kerabang telur (untuk 100 kg) diperkirakan sebesar Rp89.000. Jadi, harga pembuatan tepung kerabang telur per kgnya adalah Rp890 sedangkan harga sumber mineral yang juga sering digunakan yaitu tepung kerang berharga Rp2.500 per kg (selisih Rp 1.610). “Rata-rata konsumsi pakan ayam petelur per hari adalah 100 gram per ekor  per hari dengan penggunaan tepung kerabang telur per harinya 3 gram (3 persen dari total pakan), maka biaya produksi per hari yang dapat dihemat adalah sebesar Rp48.300,00 per hari pada populasi ayam 10 ribu ekor atau Rp1,449 juta per bulan,” kata Mansur yang bersama timnya menjadi juara II dalam 2nd SATU Student Business Plan Competition di National Cheng Kung University Taiwan belum lama ini. Lebih jauh Mansur menguraikan, ayam yang diberi kerabang telur sebagai sumber mineral mampu mencapai produksi 76,2 persen sedangkan dengan suplemen mineral lain sebesar 71,1 persen (selisih 5,1 persen). Sehingga pada peternakan ayam petelur yang memiliki populasi sebesar 10.000 ekor akan menghasilkan telur 510 butir lebih banyak (setara dengan 30,6 kg).
Jika harga 1 kg telur Rp12 ribu maka keuntungan yang bisa diperoleh adalah Rp367,2 ribu per hari atau Rp11,01 juta per bulan. Asumsi rata-rata berat telurnya 60 gram. Sehingga keuntungan total per bulan yang bisa diperoleh baik dari efisiensi pembuatan pakan maupun penjualan telur adalah Rp12,465 juta.
“Semakin besar skala usaha atau semakin banyak populasi ayam maka keuntungan yang diperoleh juga akan semakin banyak. Selain keuntungan finansial yang bisa diperoleh, suplementasi mineral menggunakan tepung kerabang telur juga dapat mendukung program ramah lingkungan,” pungkasnya.
G.    Kerajinan Tangan Guji Dari Kulit Telur
Siapa bilang kulit telur merupakan sampah dan tidak bisa bermanfaat. Ternyata kulit telur bisa dipakai sebagai bahan penghias furnitur dan aksesoris penghias rumah yang unik dan menghasilkan puluhan juta rupiah. Kulit telur yang dicat atau diukir menjadi hiasan, tidak kalah menarik dengan material lainnya. Untuk sebagian orang, kulit telur menjadi tidak berguna, jika isinya telah dimasak untuk dimakan. Tapi, lewat bakat yang luar biasa, kulit telur bisa menjadi suatu hasil karya yang menawan. Disini saya akan mengulas tentang kerajinan kulit telur,dimana pemanfaatan kulit telur sebagai penghias guci, pot bunga. Berikut cara penghiasan guci polos dengan kulit telur.
Alat dan bahan yang digunakan :
§  Kulit telur ( ayam, bebek, puyuh )
§  Lem fox
§  Amplas halus
§  Pensil

Cara pembuatan guci dari kulit telur adalah :
1.      Sediakan guci/pot polos ukuran sedang
2.      Rendam guci/pot tersebut kedalam air selama 15 menit, setelah itu keringkan
3.      Potong Kecil-kecil kulit telur sesuai yang diinginkan (dibersihkan dulu kulit telurnya)
4.      Desain guci/pot dengan gambar yang kita mau dengan pensil
5.      Lem bagian yang telah kita desain bertahap seketika itu tempelkan potongan kulit telur
6.      Setelah semua bagian ditempel dengan telur keringkan, kemudian haluskan kulit telur dengan amplas lembut.
7.      Setelah rata penghalusannya lap dengan kain yang sedikit dibasahi air.
8.      Dan jadilah guci dari kulit telur dan siap untuk digunakan
Situasi perekonomian yang sulit terkadang membuat orang menjadi kreatif dan inovatif dalam menemukan peluang usaha baru. Telur yang merupakan makanan manusia sehari-hari menghasilkan sampah berupa kulit atau cangkang yang kebanyakan dibuang sebagai limbah. Akan tetapi di tangan orang-orang terampil dan kreatif bisa menjadi souvenir yang sangat indah. Kerajinan kulit telur merupakan perpaduan kreatifitas dan upaya memanfaatkan limbah yang tidak terpakai. Selain itu kerajinan kulit telur memiliki Prospek ekonomi dan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Menurut beberapa pengrajin permintaan Kerajinan kulit terus meningkat di beberapa daerah di Indonesia.
Aneka kerajinan kulit telur dengan berbagai bentuk dapat dibuat dengan sangat indah dan artistik.  Kulit telur dapat dijadikan bahan penghias furnitur dan aksesoris penghias rumah yang unik dan menghasilkan kerajinan yang berharga puluhan juta rupiah. Kulit telur yang dicat atau diukir menjadi hiasan, tidak kalah menarik dengan material lainnya. Beberapa kulit telur hewan yang dapat dijadikan kerajinan kulit telur antara lain dari telur ayam, telur bebek, telur burung puyuh, hingga yang terbesar telur burung onta.
Kerajinan kulit telur memiliki kelebihan tahan terhadap api, tidak akan dimakan oleh rayap atau hama lainnya, serta tahan terhadap pergantian cuaca. Begitu pula bila kena sinar matahari, tidak akan memudarkan warnanya. Kulit telur ini seakan menyampaikan sebuah pesan khusus kepada setiap orang yang akan menggunakannya.
Kerajinan kulit telur dapat dibuat dalam berbagai macam corak warna, telur ayam kampung memunculkan corak hitam kemerah-merahan. Adapun corak hitam muncul dari kulit telur burung puyuh. Untuk menghasilkan seluruh produk penghias rumah ini, dimulai dengan proses membersihkan kulit telur dan melepas lapisan putih kulit di dalamnya. Telur yang sudah dibersihkan ini kemudian dijemur hingga betul-betul kering. Agar semua manfaat itu dapat berfungsi maksimal, kemudian kulit telur yang sudah mengering itu diambil satu per satu untuk kemudian ditempelkan dengan lem di media yang akan dijadikan kerajinan, baik di atas kanvas, kayu, kaca, dinding, sampai plafon.
*     Kisah Inspirasi
Menggores untung dari kerajinan kaligrafi cangkang telur
Banyak orang menganggap cangkang atau kulit telur sebagai sampah tak bernilai. Namun, bagi mereka yang jeli melihat peluang, cangkang telur bisa menjadi bahan kerajinan kaligrafi nan indah. Perajin pun bisa meraup omzet hingga puluhan juta. Tak hanya itu, kerajinan kaligrafi cangkang telur ini bisa menembus pasar ekspor. Siapa bilang cangkang atau kulit telur tak memiliki nilai ekonomis. Lewat sentuhan tangan-tangan kreatif, cangkang telur yang sudah tak terpakai bisa disulap menjadi kerajinan kaligrafi nan cantik dan diminati pasar luar negeri. 
Bertempat di sebuah workshop, di daerah Lubang Buaya, Jakarta, Cahyudi Susanto mengembangkan kerajinan kaligrafi berbahan kulit telur. Cahyudi yang akrab disapa Yudhi ini mengaku ketertarikannya menggunakan kulit telur sebagai bahan kaligrafi ini karena ia peduli terhadap lingkungan. "Di sekitar tempat tinggal saya, banyak berserakan sampah telur," kata Yudhi, yang juga masih seorang karyawan perusahaan swasta ini. Lantas, ia melihat peluang pembuatan kerajinan dari kulit telur. Yudhi pun melakukan kolaborasi antara seni dan religi sebagai lahan bisnisnya. 
Sebelum menggeluti usaha ini, Yudhi memang memiliki hobi menggambar dan menulis kaligrafi dengan media kertas ataupun komputer. Baru pada 2009, inspirasi Yudhi untuk membuat seni kulit telur ini muncul. Semangat Yudhi ini pun terus terpacu, karena dua alasan. Pertama, ia bisa mendapatkan cangkang-cangkang telur ini gratis. Kedua, bahan baku cangkang telur ini juga mudah di cari. "Dalam seminggu, saya bisa memperoleh empat kantong kresek besar," jelas Yudhi. 
Karena ingin mempertahankan warna alami dari telur, Yudhi tidak mencampurkan bahan pewarna tambahan untuk pembuatan kaligrafinya. Alhasil, Yudi hanya mengolah tiga warna untuk mempercantik kerajinan kaligrafinya. Ketiga warna tersebut diperoleh dari tiga jenis telur yang berbeda. Warna putih diperoleh dari kulit telur ayam kampung. Warna cokelat berasal dari kulit telur ayam negeri. Adapun, warna biru didapat Yudhi dari kulit telur bebek. 
Membuat kaligrafi dari kulit telur ini juga tak mudah. Yudhi harus melalui lima tahap dalam pembuatan kaligrafi berbahan kulit telur ini. Terlebih dulu, ia harus mencuci cangkang telur dan dijemur hingga kering. "Yang perlu diperhatikan adalah pada saat menjemur, karena lukisan akan mengeluarkan bau amis jika cangkang tidak benar-benar kering," kata Yudhi. Ketika memulai pembuatan kaligrafi ini, Yudhi memilih untuk membuat background atau gambar latar terlebih dahulu. Pasalnya, jika langsung membuat tulisan inti, hasil yang diperoleh akan kurang memuaskan. Background akan mendominasi gambar sehingga justru menutupi tulisan kaligrafinya "Bentuk tulisannya nanti timbul," jelas Yudhi. Untuk menempelkan pecahan-pecahan cangkang telur, Yudhi hanya membutuhkan lem kayu sebagai perekat. Sebelum melalui tahap finishing, kaligrafi terlebih dulu dihaluskan dengan menggunakan amplas supaya teksturnya keluar. Untuk membuat satu buah kerajinan kaligrafi, Yudhi membutuhkan waktu hingga tiga hari. Tak heran, banderol harga produk seni ini lumayan mahal. Yudhi menjual satu kaligrafi cangkang telur ini berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1 juta. Selain tingkat kerumitan dalam pembuatan, patokan harga juga tergantung dari ukurannya. Hanya, karena tak menjadi pekerjaan utama, produksi kaligrafi Yudhi juga tak banyak. Dalam sebulan, ia hanya mampu membuat sepuluh kaligrafi dalam berbagai bentuk dan ukuran. Yudhi pun menghitung, omzet penjualan yang didapatkan dari penjualan kaligrafi berkisar Rp 20 juta. 
Meski begitu, konsumen Yudhi sudah beragam. Tak hanya diminati oleh konsumen di pasar lokal atau domestik, kaligrafi cangkang telur ini juga dilirik oleh konsumen di negeri tetangga, seperti Malaysia dan Brunei Darusalam. Maklum, selain unik, produk kaligrafi ini juga kuat. Pasalnya, kulit telur banyak mengandung kalsium, sehingga tidak akan mudah rapuh oleh serangan rayap. Yudhi bilang, selain memanfaatkan sampah menjadi barang bernilai guna, penggunaan cangkang telur juga dapat menyerap karbondioksida (CO2) sebanyak tujuh kali dari berat telur.
Selain Yudhi, kerajinan kaligrafi dari cangkang telur ini juga ditekuni oleh Cahyudi Susanto. Selama ini, telur sudah menjadi makanan sehari-hari manusia. Tingginya konsumsi telur itu menghasilkan limbah berupa kulit atau cangkang yang belum banyak dimanfaatkan orang. Melihat besarnya limbah cangkang telur itu, Cahyudi Susanto tertarik untuk memanfaatkannya. Di bawah bendera usaha Egg Art, ayah tiga anak ini menggeluti usaha kerajinan kaligrafi dari kulit telur sejak tahun 2009.
Dengan menggunakan cangkang telur, ia membuat beragam lukisan kaligrafi. Selain kaligrafi, ia juga memproduksi lukisan wajah tokoh-tokoh tertentu." Saya juga menerima pesanan," kata Cahyudi yang bermukim di wilayah Jakarta Timur ini.
Dari hasil kerajinan berbahan cangkang telur ini, ia mengantongi omzet minimal Rp 20 juta per bulan. Harga lukisan kaligrafinya bervariasi, mulai Rp 500.000-Rp 600.000 per buah. Dalam sebulan ia bisa membuat empat lukisan kaligrafi. Sementara banderol lukisan wajah Rp 5 juta-Rp 45 juta. Ia mengaku, pernah membuat lukisan Soeharto dan Siti Hardiyanti Rukmana. Kedua lukisan itu telah diboyong ke Cendana dengan harga Rp 45 juta per buah. Cahyudi juga pernah membuat lukisan Prabowo dan dibeli oleh seorang kolektor dengan harga Rp 15 juta. 
Ide usaha ini datang setelah Cahyudi melihat banyak limbah kulit telur yang terbuang sia-sia di lingkungan sekitarnya. Kebetulan, ada salah seorang tetangganya menekuni usaha pembuatan roti yang banyak menggunakan telur ayam. Belum lagi banyak tukang nasi goreng dan martabak yang mangkal tak jauh dari rumahnya. "Saya perhatikan limbahnya terbuang begitu saja," ujar Cahyudi. Dari situlah ia terdorong untuk memanfaatkannya. Awal menekuni usaha pembuatan kaligrafi berbahan cangkang telur itu tidak langsung jadi. Ia perlu mencoba berbagai metode sehingga hasilnya bisa pas. 
Diakuinya, membuat lukisan dari cangkang telur tidak mudah. Butuh jiwa seni dan kesabaran tinggi. "Prosesnya panjang," katanya. Tahap awal cangkang dibersihkan satu per satu. Setelah itu dijemur sampai kering. Tahap berikutnya adalah memilah warna. Setelah seluruh telur terpisahkan berdasarkan warna, baru dibuat latar gambar dan lukisan di tripleks. Tripleks yang berfungsi sebagai background ini kemudian dicat. Namun, hanya bagian background yang boleh dicat, sementara seluruh bagian lukisan menggunakan kulit telur. 
Sukses menekuni usaha ini juga dirasakan Hendra Setiawan dari Martapura, Kalimantan Selatan. Sama halnya Cahyudi, ia juga memanfaatkan kulit telur untuk membuat kaligrafi. Saat ini, hasil karyanya masih dipasarkan di sekitar Kalimantan. Kaligrafi buatannya dijual mulai Rp 200.000-Rp 400.000 per buah. Dalam sebulan ia mampu membuat empat kaligrafi dari cangkang telur. Omzetnya mencapai jutaan rupiah.





BAB III PENUTUP
Kesimpulan
            Tanpa kita sadari peluang bisnis ataupun peluang usaha bisa kita dapatkan di mana, dan kapan saja, tentunya hal ini terlantung dari kejelian kita dalam membaca peluang usaha yang ada di lingkungan sekitar. Perlu di ketahui bahwa sebuah sampah pun bisa menjadi inspirasi untuk membuka peluang bisnis, contohnya seperti yang telah di bahas dalam karya ilmiah ini yaitu tentang peluang bisnis “Cangkang Telur”. Usaha itu tidak perlu yang terlalu muluk – muluk atau (berlebihan), karena walaupun kita membuka peluang bisnis  besar – besaran tapi jika tidak dilandasi dengan potensi, keahlian, niat yang sungguh – sungguh, dan tentunya harus di dukung dengan adanya modal. Sebuah bisnis tanpa modal itu ada bahkan mereka semua dapat sukses, semua itu tergantung pada diri kita yang hendak memainkan otak dengan cerdas. Bisnis dengan modal yang sangat besarpun belum tentu akanmendapatkan keuntungan yang lebih besar, bahkan sebaliknya bisnis dengan modal yang sedikit malah bisa menghasilkan keuntungan yang sangat luar biasa.
            Dalam memulai suatu bisnis pasti nantinya akan mengalami dua peristiwa yaitu keberhasilan dan kegagalan. Dalam dunia bisnis pasti tidak lepas dari hal tersebut, karena dalam berbisnis kita nanti pasti akan mendapatkan seorang pesaing. Pesaing sangat berbahaya untuk bisnis kita, karena kebanyakan pesaing itu mencontek hasil karya kita dan bahkan mereka menusuk bisnis kita dari belakang, daripada menjadi pesaing lebih baik menjadi diri sendiri. Peluang bisnis akan muncul jika kita berinovasi ataupun kita mendapatkan inspirasi dari seseorang, maka ciptakan ide bisnis yang brilian. Jika ide bisnis kita brilian maka uang akan datang ke ide yang hebat, dan kita tidak akan gagal ataupun terkena pesaing karena ide bisnis kita benar – benar brilian dan pesaing-pun tidak akan mampu bersaing dengan bisnis kita.
            Disini akan di sebutkan beberapa “Tips Sukses Mengelola Peluang Usaha” diantaranya, adalah :
1.      Tentukan jenis usaha yang kita minati. Karena sebuah bisnis itu harus diawali dengan niat dan kemauan dari dalam hati, serta bisnis tersebut harus ditekuni dengan sungguh – sungguh.
2.      Menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis yang akan kita dirikan, contohnya seperti produk – produk apa yang akan di sediakan samapai dengan cara mengelola usaha tersebut dengan membuat peraturan terhadap manajemen yang akan di terapkan.
3.      Hal terpenting dalam peluang bisnis yang kita jalankan adalah dengan mengutamakan pelayanan dan kualitas terhadap produk – produk yang kita tawarkan, karena ini bisa memberikan kepuasan untuk konsumen sehingga mereka bisa menjadi pelanggan setia kita.
4.      Berikan harga yang masuk akal dan harga yang berlaku di pasaran, jika diperlukan kita bisa survey terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menghindari pemberian harga yang terlalu tinggi untuk konsumen.
5.      Pemilihan lokasi yang tepat untuk bisnis kita. Karena lokasi itu faktor yang sangat penting, sebelum memulai bisnis kita harus memperhatikan apakah lokasi untuk bisnis kita ini dekat dengan konsumen, dekat dengan tenaga kerja, dekat dengan transportasi, dan masih banyak lagi yang harus di pertimbangkan dalam pemilihan lokasi.
6.      Memberikan pelayanan yang cukup memuaskan terhadap pelanggan ataupun konsumen, karena pembeli itu adalah raja maka kita harus dengan sebaik mungkin melayani para pembeli.
7.      Promosi bisnis. Kita harus sesekali mempromosikan peluang bisnis kita, karene dengan promosi inilah bisnis kita akan berkembang.
8.       Sesuaikan bisnis kita dengan kebutuhan para pelanggan di sekitar, karena tugas kita sebagai produsen adalah memberikan kepuasan kepada konsumen.
9.      Kejujuran. Dalam bisnis, kita harus berkata jujur apa adanya tentang produk atau jasa yang kita tawarkan. Jangan menjanjikan sesuatu hal yang kita tidak bisa memenuhinya, jangan berbohong dan membesar – besarkan dari manfaat apa yang kita jual atau tawarkan.
10.  Tekad yang kuat. Untuk mengelola peluang bisnis dibutuhkan tekad yang kuat dan berhasil. Tanpa tekad yang kuat maka kita tidak mungkin mewujudkan bisnis impian kita. Selain itu kita juga harus disiplin waktu dan keuangan. Gunakanlah kedisiplinan dalam penggunaan waktu dan uang jangan sampai terbuang percuma di tempat yang sia – sia.
Diatas telah di jelaskan tentang Tips Sukses Mengelola Peluang Usaha, semoga dengan tips ini dapat memberikan inspirasi terhadap teman – teman semua dalam memulai sebuah peluang bisnis khususnya peluang bisnis tentang “Cangkang Telur”. Bisnis ini hanya memerlukan modal sedikit tapi akan menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Semoga dengan karya ilmiah ini dapat memotifasi teman – teman untuk memulai peluang bisnis baru. Mari kita lestarikan Negara kita Negara Indonesia ini dengan menciptakan karya – karya yang memanfaatkan barang – barang bekas ataupun sampah – sampah yang sesungguhnya memiliki nilai jual yang tinggi. Jangan biarkan sampah memenuhi Negara Indonesia ini. Orang luar negeri bisa menciptakan alat – alat elektronik yang canggih, orang Indonesia – pun bisa menciptakan kaya - karya yang mendunia dan memiliki nilai jual yang tinggi. Sehingga akan meningkatkan pendapatan negara, selain itu akan mengharumkan nama baik bangsa Indonesia bahwa pemuda pemudi Indonesia adalah pemuda pemudi yang kreatif dan cerdas bisa menciptakan karya dengan berbagai macam karya,,,

Referensi



           





2 komentar:

  1. mantab deh, cangkang telur bisa jadi indah kaya gitu...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-migren/

    BalasHapus